Sunday, February 12, 2017

Pengertian VGA card dan fungsinya

Para pengguna komputer maupun laptop sering menanyakan apa itu VGA card ataupun Kartu Grafis dan fungsinya. Para gamers biasanya membutuhkan kartu grafis yang bagus dan besar kapasitasnya. Kali ini kita akan membahas pengertian VGA card, fungsi nya dan jenis-jenis nya.

Pengertian VGA card ( kartu grafis )

VGA singkatan dari Video Grafics Accelerator yang berfungsi sebagai pengola data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prosessor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memori.

VGA adalah standar tampilan komputer analog yang pertamakali dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak agi digunakan karena sudah diganti standar yang lebih baru,VGA masih diimpementasikan pada pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena masih di dukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
 
Selain itu istilah VGA sering digunakanuntuk mengacu resolusilayar berukuran 640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA juga digunakan sebagai menterjemah keluaran komputer ke monitor. Untuk Desain grafis ataupun permainan Games, diperlukan kartu grafis berdaya tinggi atau berspect tinggi. Produsen VGA yang terkenal antara lain ialah NVIDIA dan ATI.

VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih banyak digunakan sebagai penghantar sinyal video ke monitor. Secara resmi, standar VGA telah digantikan oleh standar XGA dari IBM, tapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card

VGA Card atau juga disebut kartu grafis (Graphic Card), Berfungsi untuk menerjemahkan sinyal di gital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu grafis berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Dan VGA sangat dibutuhkan untuk Desain Grafis, Video dan juga sangat dibutuhkan dalam bermain Game.

Jenis-jenis VGA Card

1. VGA ISA
Merupakan jenis kartu yang ditancapkan di slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) yang menggunakan sistem 8 bit dan 16 bit. seiring dengan perkembangan teknologi VGA ISA kini tidak lagi di gunakan, dikarenakan kemampuannya terbatas seperti kecepatan yang berjalan lambat dan kualitas tampilan yang minim.

2. VGA EISA
VGA EISA (Extend Industry Standard Architecture). jenis ini menggunakan sistem 32 bit dan tak jauh beda dengan VGA ISA, dan VGA EISA juga tak digunakan lagi sama halnya dengan VGA ESIA kualititas grafis yang kurang baik dan lambat.

3. VGA PCI
VGA PCI (Peripheral Component Interconnect). Jenis ini menggunakan sistem 32 bit dan 64 bit, yang telah mengalami peningkatan kualitas jika dibandingakan dengan VGA ISA dan VGA EISA. Namun VGA jenis ini sudah jarang digunakan karena keterbatasannya.

4. VGA AGP
VGA AGP (Accelerated Graphic Port), bus sistem jenis ini 128 bit dan 256 bit. Jenis VGA AGP memiliki pin yang membentuk vertikal yang mirip dengan formasi sarang lebah. VGA AGP dibuat untuk transfer data terhadap memori secara signifikan.

5. VGA PCIe
VGA PCIe (Peripheral Component Interconnect Exspres), Jenis ini yang dikenal PCI Exspres merupakan pengembangan dari VGA PCI. Jenis ini di rancang untuk memasang interface dengan teknologi yang tinggi dan mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer yang tinggi. Dipasang pada slot PCIe. Bus yang membunyai kecepatan hingga 32 GByte/s.

Demikianlah artikel yang membahas pengertian VGA card dan fungsinya. Silahkan tambahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat.




Comments
0 Comments

0 comments