Sunday, February 5, 2017

Cara memperbaiki laptop yang tiba-tiba blank / layar hitam

Artikel cara memperbaiki laptop yang tiba-tiba blank / layar hitam, tanpa basa-basi langsung saja Admin jelasin cara memperbaiki tiba-tiba layar laptop blank atau hitam. Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Berdasarkan pengalaman yang pernah abang temui, maka abang akan berbagi pengetahuan mengenai cara memperbaiki leptop yang tiba-tiba blank / layar hitam pada temen-temen sekalian.

Apire E1-431 yang blank

Kita mulai proses pengecekan dan analisa penyakit laptop yang tiba-tiba blank

CEK ARUS

Tahap pertama coba deh cek arus laptopnya, mungkin saja laptop blank memang tidak ada arusnya. jika arus pada laptop tersebut memang ada dan lampu pada laptop tersebut nyala (lampu kecil-kecil yang ada pada pinggir laptop tepatnya dibagian bawah) pada saat posisi laptop on. maka langkah selanjutnya coba cek fan / kipas laptop hidup atau mati, caranya cukup tempelkan telapak tangan pada sirkulasi udara tempat keluar masuknya udara pada laptop. Jika kipas / fan cooler pada laptop tersebut hidup berarti arus pada laptop yang blank / layar hitam baik-baik saja. Oke langsung ke tahap selanjutnya

CEK SUARA

Ditahap ini coba agan dengerin ada atau tidaknya suara pada laptop yang blank tersebut. caranya coba agan matikan laptopnya dengan menekan tombol on/off nya beberapa detik sampai laptopnya dalam kondisi off, atau cabut batrainya juga bisa, cara mematikan yang begini dikarenakan pada layar atau screen laptopnya blank saja. setelah itu agan pasang lagi batrainya dan tekan kembali tombol on/off nya dan temen tunggu beberapa saat biasanya kan ketika kita menghidupkan laptop setelah loading windowsnya ada bunyinya tu, nah kalau ada bunyi windowsnya berarti yang bermasalah ada pada LCD monitor. So lanjut ke tahap berikutnya.

CEK LAMPU LED PADA SCREEN/LAYAR LAPTOP

Nah di tahap ini temen-temen ambil senter, nyalakan senter pada layar laptop yang blank tersebut. coba temen perhatikan ada nggak gambar tampilan desktop/baground tampilam pada laptop tersebut. kalau ada berarti lampu led pada laptop tersebut bermasalah. so tinggal ganti aja LCD laptopnya. tapi sebelum temen-temen memutuskan untuk ganti coba bersihkan terlebih dahulu socet Fleksibelnya, bisa saja socetnya kotor. kalau sudah dibersihkan tidak ada perubahan barulah temen-temen ganti LCDnya.atau bawa langsung ketempat service terdekat.

Demikianlah artikel sederhana ini abang tulis, semoga bermanfaat untuk temen-temen semua. jika temen-temen pembaca ada solusi lain, mohon di sertakan pada komentarnya. terimakasih :)

Comments
0 Comments

0 comments