Saturday, February 11, 2017

Tips membuat baterai laptop awet dan usia baterai tahan lama

Indikator baterai pada laptop


Jika anda baru saja membeli laptop, ada baiknya merawat laptop anda sejak dini alias sejak pertama kali membeli dan memakai laptopnya, yang paling utama ialah baterai laptop.


Untuk menjaga agar baterai laptop anda tahan dalam waktu yang lama. Kami akan memberikan tips membuat baterai laptop awet dan usia baterai laptop tahan lama.

1. Mengaktifkan modus penghemat baterai (activate baterry save mode)
Pastikan fitur hemat daya pada laptop di aktifkan, dan biarkan indikator baterai di munculkan supaya anda bisa melihat level baterai anda, dengan demikian anda bisa tau kira-kira kapan waktu yang tepat mengisi baterai laptopnya sebelum baterai bener-bener habis.

2. Cabut perangkat lain yang tidak terpakai
Jika anda selesai menggunakan flasdisk, hardisk eksternal, dan usb atau perangkat lainnya sebaiknya anda mencabut semua perangkat yang menempel. Dikarekan perangkat yang sudah tidak dipakai tetapi masi tertancap di lubang usb laptop itu juga menguras baterai laptop anda.

3. Tancapkan charger laptop sebelum laptop mati (plug it in before it dies)
Banyak dari pengguna laptop menunggu baterai laptop benar-benar habis baru mengecas laptopnya.
Sebaiknya waktu yang tepat mengecas laptop ketika baterai laptop menyisahkan 5%. Jangan sampai laptop mati baru pasang casan/charger, dikarenakan baterai yang sering kosong yang tidak menyisahkan daya sama sekali akan membuat baterai melambat saat mengisi dan mengakibatkan baterai tidak bisa menyimpan daya dan soak.

4. Hindari mengisi baterai secara terus-menerus saat laptop dalam keadaan mati
Mengisi baterai secara terus-menerus hingga berhari-hari dengan alasan lupa mencabutnya. Kebiasaan ini beresiko merusak baterai. Pada umumnya pengguna laptop membiarkan laptopnya diisi saat tidak di pergunakan dengan harapan ketika di bawa kemana-mana laptop bisa digunakan karena punya cadangan cabaterai yang maksimal. Kebiasaan yang begini malah akan membuat usia baterai menjadi lebih pendek. Sebaiknya pertimbangkan kebiasaan seperti itu mengingat harga baterai Rp.500.000 hingga Rp.800.000

Demikian Tips cara membuat baterai laptop awet dan usia baterai laptop tahan lama. Semoga bermanfaat.

 



    

Comments
0 Comments

0 comments