Monday, February 6, 2017

Apa Yang Dimaksud Dengan RAM (Random-Access Memory)?

Selamat pagi sahabat pembaca sekalian, semoga hari-hari anda menyenangkan amin. Ulasan kali ini kita akan membahas tentang RAM, fungsinya, cara kerjanya dan sedikit penjelasan sejarah RAM.

Random access memory (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan data pada komputer. sebuah perangkat RAM memungkinkan mengakses data secara acak, yang membuatnya sangat cepat untuk menemukan bagian tertentu dari informasi. Sedangkan penyimpanan jenis lain yang tidak diacak atau secara permanen. Misalnya, Hard disk, CD, DVD akan membaca dan menulis data sesuai urutan yang telah ditentutukan. Perangkat ini mengatur bahwa waktu untuk menemukan bagian tertentu dan informasi tergantung pada dimana letaknya pada disk tersebut.

Perangkat RAM yang digunakan dalam sistem komputer merpakan memori utama. RAM dianggap sebagai memori volatile, yang berarti bahwa informasi yang tersimpan akan hilang ketika tidak ada aliran listrik atau ketika komputer dimatikan. Jadi RAM digunakan oleh central processing unit (CPU) saat komputer menjalankan untuk informasi yang perlukan sangat cepat, tetapi tidak menyimpan informasi secara permanen.

Perangkat RAM menggunakan sirkuit terpadu untuk menyimpan informasi. RAM merupakan bentuk penyimpanan yang relatif mahal temen-temen dan biaya per unit penyimpanan jauh lebih mahal dari pada perangkat hard drive. Namun, waktu untuk mengakses data akan lebih cepat melebihi biayanya. Oleh karena itu sebuah komputer menggunakan RAM sebagai acses cepat, penyimpanan sementara informasi. Sedangkan penyimpanan permanen seperti hard disk drive. Sebagai contoh, sistem komputer biasanya memiliki 2-8 GB (gigabyte) RAM. Sedangkan penyimpanan hardisk drive bisa mencapai ratusan GB bahkan TB (terabyte).

Demikianlah sedikit ulasan mengenai RAM, Semoga bermanfaat untuk temen-temen pembaca. Jika temen-temen ada ulasan yang lebih lengkap lagi bisa temen-temen share di kolom komen dibawah. Terimakasih



Comments
0 Comments

0 comments