Sunday, February 12, 2017

Pengertian Prosessor (Processor) Komputer dan Fungsinya

Prosessor, salah satu komponen komputer yang satu ini sering kita dengar dan bahkan sobat-sobat sekalian sudah banyak yang mengetahui apa itu prosessor dan apa fungsinya. Tetapi bagi yang belum mengetahui apa itu prosessor dan apa saja fungsinya. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan atau mengulas apa itu prosessor dan apa saja fungsinya.

Prosessor adalah, Komponen komputer yang merupakan sebagai otak utama yang menjalankan proses dan sebagai pengendali kerja komputer dengan bekerja sama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam prosessor ialah Mhz (Mega Heartz) atau GHZ (Giga Heartz). Semakin besar kecepatan prosessor, maka akan semakin cepat pula kerja komputer dalam melakukan setiap proses. Arti lain dari prosessor yang sering disebut ialah "Microprocessor". Bagian-bagian terpenting dari prosessor adalah :

1. ALU (Aritmhatics Logical Unit), melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai dengan intruksi program.
2. CU (Control Unit), sebagai pengatur lalu lintas input dan output
3. MU (Memory Unit), merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses yang tinggi.

FUNGSI PROSESSOR

Pada umumnya fungsi prosessor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian menghasilkan pengeluaran berupa output.

Prosessor tidak dapat bekerja sendiri, namun memerlukan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama Hard disk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosessor itu sendiri.

Untuk saat ini kecepatan prosessor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 GigaHertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fasilitas dalam perkembangan teknologi dunia. Bagi para gamers pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "greater processor" greater gaming experience" karena setiap game pasti berpengaruh dengan besarnya kapasitas processor pada sebuah komputer.

Perusahaan khusus produksi prosessor dan pengembangan prosessor ada 2 perusahaan yang terkenal yaitu Intel dan AMD. Dari 2 perusahaan ini membanjiri pasaran prosessor, dari ke 2 produk ini (Intel dan AMD) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang berpendapat bahwa ketahan intel lebih unggul untuk dipakai berjam-jam bahkan berhari-hari. Sedangkan bagi para gamers AMD menjadi pilihan dikarenakan lebih baik dalam memproses grafik dalam setiap game.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian prosessor (Processor) Komputer dan fungsinya. Akhir kata terimakasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini. Semoga bermanfaat



Comments
0 Comments

0 comments