Tuesday, February 14, 2017

10 Cara Merawat Hardisk Yang Baik dan Benar

Hardisk atau Hardisk Drive merupakan komponen perangkat keras (hardware) yang vital pada komputer karena hardsik merupakan tempat penyimpanan data utama pada komputer. Dengan telah mengetahui betapa pentingnya atau betapa vitalnya peran hardisk pada komputer, tentu anda tidak ingin hardisk anda rusak buka ? coba bayangkan jika hardisk anda mengalami kerusakan dan data pada hardisk tidak bisa di selamatkan ?

Selain kehilangan data penting dan tentunya anda juga harus membeli hardisk baru jika hardisk lama anda mengalami keruskan. Perlu diketahui mengingat harga hardisk tidaklah murah, jadi jika anda tidak ingin mengalaminya anda harus merawat hardisk dengan baik dan benar agar terhindar dari keruskan.

Perawatan hardisk sangatlah penting dan haruslah hati-hati. Berikut ini dalah cara merawat hardisk yang baik dan benar agar hardisk tahan lama :

1. Jangan menyimpan file atau document hingga membuat kapasitas hardisk anda penuh, apalagi di drive c atau di sistem operasi anda, dikarenakan akan membuat kinerja komputer anda menurun dan melambat dikarenakan kehabisan ruang memori atau disk space.

2. Jangan terlalu banyak membuat partisi seperti Drive C untuk sistem, Drive D untuk file anda dan Drive E untuk file-file yang lain yang fungsinya untuk memisah-misahkan file-file anda yang lain. Dikarenakan bisa memperlambat kinerja hardisk anda.

3. Jangan terlalu sering menginstal atau memformat hardisk anda dikarenakan akan memperpendek umur hardisk anda.

4. Jangan mematikan komputer atau laptop anda tanpa menekan tombol shut down, dikarenakan mematikan komputer atau laptop secara paksa dengan menekan tombol power off karena akan berpengaruh buruk pada hardisk anda. Bayangkan saja ketika hardisk sedang berputar atau sedang berjalan dimatikan secara paksa tanpa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, kmaka hardisk akan shock dan mengakibatkan bad sector pada hardisk anda. Jadi matikan komputer atau laptop anda dengan cara menekan tombol shut dwon.

5. Hindari menggunakan laptop di atas kasur ataupun yang menyerap panas, dikarenakan akan membuat suhu laptop menjadi panas dan terlalu panas juga membuat hardisk cepat rusak dan hang. Jadi letakkan laptop di tempat yang tidak menyerap panas seperti diatas meja.

6. Gunakan antivirus untuk menjaga komputer anda terserang virus dan hardisk aman dari serangan virus, jangn lupa selalu update antivirus anda secara berkala.

7. Gunakan aplikasi defragment untuk mendefrag hardisk anda agar terhindar dari fragmentasi yang mengakibatkan kinerja komputer atau hardisk anda menurun. Gunakan 1 atau 2 bulan sekali saja dikarenakan jika terlalu sering mendefrag hardisk juga tidak baik, mendefrag tergantung seberapa sering anda menggunakan komputer atau laptop anda.

8. Untuk komputer PC sebaiknya menggunakan stavolt atau stabilizer dan UPS untuk menghindari tidak stabilnya aliran listrik dan juga menghindari komputer mati mendadak ketika aliran listrik tiba-tiba mati. Dikarekan ketika komputer mati mendadak bisa menyebabkan PC dan hardisk anda menjadi cepat rusak, dikarenak listrik tidak stabil dan listrik sering mati mendadak.

9. Menghapus file-file yang tidak penting atau yang tidak digunakan pada hardisk anda, karena semakin banyak ruang kosong pada hardisk akan membuat kinerja hardisk lebih baik.

10. Hindari hardisk dari guncangan, benturan atau laptop terjatuh dengan keras, dikarenak benturan akan merusak hardisk anda.

Kesimpulannya rawat lah hardisk anda dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel tentang cara merawat hardisk yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat. Bantu share ya... terimakasih



Comments
0 Comments

0 comments