Wednesday, February 8, 2017

Mengatasi komputer tidak tampil di monitor / PC hidup tapi tidak ada tampilan di monitor

Sebagai pengguna komputer pasti pernah mengalami masalah komputer tidak tampil ke monitor, yang membuat pusing tujuh keliling ketika lagi mau ngerjain tugas kuliah, tugas sekolah bahkan skripsi dan dokumen-dokumen yang penting, tiba-tiba komputer tidak nampil :(.

Beberapa penyebab  komputer tidak tampil di monitor / PC hidup tapi tidak ada tampilan di monitor

1. Periksa kabel VGA, mungkin kabel VGA kendur

2. Periksa RAM, lepas ramnya dan bersihkan dengan penghapus, biasanya komputer tidak tampil di monitor  / PC hidup tapi tidak ada tampilan di monitor ini disebabkan karena RAM yang kotor

3. Periksa Power supply dengan cara cek tegangan arus listrik, karena kurangnya arus listrik dikarenakan  power supply yang sudah tidak normal lagi juga bisa menyebabkan komputer tidak tampil di monitor / PC hidup tapi tidak ada tampilan di monitor. Coba ganti dengan power supply yang masih normal

4. Lepas semua kabel yang terhubung ke maiboard, seperti kabel hardisk, DVD rom, Fan/kipas. Dikarenakan juga bisa mempengaruhi jika memang ada masalahnya.

5. Jika ke 4 cara dia atas telah dilakukan namun masih tidak membuahkan hasil, maka coba lepaskan semua kabel-kabel bongkar mainboardnya letakkan maiboard di atas meja atau diberi alasdan jangan lupa bersihkan kipas dan debu yang menempel pada komponen-komponen komputer sebelum memasangnya. Kemudian  hubungkan power supply yang telah dilepaskan tadi, dan konsletkan panel Power pada mainboard  menggunakan ujung obeng dengan cara menempelkan ujung obeng pada panel power SW yang terletak pada maiboard.

6. Dan jika semua cara diatas masih juga belum membuahkan hasil maka sebelum memutuskan mengganti maiboard ada baiknya harus laksanakan solusi yang terakhir ialah dengan cara  mencuci mainboar menggunakan SUNLIGHT sabun pencuci piring sikat pelan-pelan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi dan bilas dengan bersih tanpa menyisahkan bekas sabun. Setlah dibilas dengan bersih jemur ditempat yang panas tunggu sampai mengering, setelah mengering barulah rakit kembali komponen-komponen komputernya. Dengan cara ini sudah terbukti manjur karena saya sendir yang mempraktekkannya seperti gambar dibawah ini hasilnya :

Gambar ini saya ambil kemarin sore ketika ke girangan karena komputer pasien kembali tampil, sayangnya foto proses pencucian tidak diabadikan.



Komputer kembali tampil setelah di cuci dan dikeringkan


Semoga artikel ini bermanfaat untuk temen-temen pembaca sekalian. Jikas ada yang ingin ditanyakan bisa komen langsung temen-temen kita bantu sebisa kita menjawabnya. Dan jika ada solusi yang lain share juga dikomennya. TERUS BERKARYA DAN BEREKSPERIMEN TANPA HENTI ketika membuahkan hasil share berbagi supaya bermanfaat. Terimakasih

Comments
0 Comments

0 comments