Monday, February 13, 2017

Pengertian Power Supply Komputer Serta Fungsi dan Jenis-jenisnya

Apa itu Power Supply ? dan apa Fungsi Power Supply ? tak jarang banyak yang bertanya, sebagian ada yang tau dan sebagian ada yang belum tau Pengertian dan Fungsi dari Power Supply. Artikel kali ini kita akan menjelaskan Tentang Power Supply dan Fungsinya.

1. Apa itu Power Supply (PSU)

Power Supply adalah suatu perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai penyupplay daya atau tegangan yang langsung menyalurkan daya (aliran listri) ke semua bagian komponen-komponen komputer. Komponen-komponen yang membutuhkan tegangan seperti misalnya Menyupplay daya ke Motherboar, Hardisk, Fan Prosessor, Heatsink, DVD Room dan lain-lain. Fungsi powwer supplay (PSU) diantaranya mengubah tegangan arus AC menjadi DC (Arus searah), dikarenakan Hardware Komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Input Power Supply berupa bolak-balik (AC).

2. Jenis-jenis Konektor Power Supply

Berikut ini adalah jenis-jenis Konektor kabel pada Power Supply (PSU)

  • Konektor 20/24 pin ATX Motherrboard
  • Konektor 4 pin peripheral power (untuk peripheral seperti DVD room, Hardisk dan Kipas)
  • Konektor4/8 pin 12V (untuk motherboard server) 
  • Konektor 6 pin PCIe (untuk kartu grafis PCIe)
  • Konektor Floppy (untuk floppy disk drive)
  • Konektor SATA (untuk hardisk/optical drive yang berjenis SATA)
3. Jenis-jenis Power Supply
Jenis Power Supply untuk saat ini dibagi menjadi 3 Jenis yaitu :
  • Jenis Power Supply Komputer AT, Jenis ini tergolong jenis jadul yang sudah jarang digunakan untuk zaman sekarang. Power Supply AT memiliki kabel Power yang dihubungkan ke Motherboard terpisah menjadi 2 konektor, konektor P8 dan konektop P9. Sehingga ketika memasang ini harus sangat berhati-hati supaya tidak terjadi kessalahan pemasangan ataupun terbalik memasangnya. Cara pemasangan yang tepat ialah kabel power berwarna hitam dari kabel power P8 dan P9 harus bertemu ditengah-tengah jika konektor tersebut disatukan. Jenis Power Supply ini digunakan pada Pentium II dan Pentium III.
  • Jenis Power Supply ATX (Advance Technology Extended), Jenis ini dilengkapi dengan konektor 20 pin dan memiliki daya lebih besa. PSU ATX digunakan pada komputer Pentium III, IV, dan CPU AMD.
  • Jenis Power Supply BTX (Balance Technology Extended) merupakan Power supply yang digunakan pada saat ini yang memiliki daya lebih besar dan efisiense yang lebih baik. BTX memiliki 24 pin konektor, dilengkapi konektor power SATA 15 pin. Cara pemasangan kabel power ke motherboard lebih praktis, tidak perlu khawatir jika pemasangannya terbalik, karena jenis konektor pada kabel telah disesuaikan dengan jenis slot pada motherboard. BTX digunakan pada komputer, dualcore, core2duo, quad core, core i3,i5,i7 dan AMD model terbaru.  
Demikianlah artikel tentang pengertian Power Supply serta Fungsi dan Jenis-jenis Power Supply. Jadi kalau sobat mau beli Power Supply jangan salah beli ya. Semoga bermanfaat


Comments
0 Comments

0 comments