Monday, February 6, 2017

Penyebab komputer suka mati sendiri dan cara mengatasinya

Komputer tiba-tiba mati sendiri atau sering restart sendiri padahal komputer baru saja dihidupkan beberapa menit saja. tanpa ada perintah restart dari pengguna menandakan komputer anda dalam masalah. Masalah pada komputer akan bertambah serius jika tidak ditangani sejak dini, dikarenakan akan mengganggu sistem yang lain bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen komputer lainnya.

Kenapa komputer mati sendiri / restart sendiri ? komputer mati sendiri dan restart sendiri biasanya di karenakan kipas/fan pendingin prosessor kotor sehingga kipas tidak bekerja dengan maksimal dan pasta pendingin sudah mengering, yang menyebabkan suhu pada prosessor menjadi sangat panas. Oke Langsung saja ke pokok penyelesaian alias solusi mengatasinya.

Sediakan pasta dan kuas

Kuas dan Pasta



Setelah alat yang kita butuhkan sudah siap, kemudian temen-temen buka kesing komputer/PC yang suka mati dan restart sendiri tersebut. Setelah kesing terbuka coba temen-temen perhatikan kipas pendingin prosessornya, sudah pasti banyak debu-debu yang menempel pada kipas/fan prosessornya.

Di tahap ini temen-temen lepasin kipas/fan prosessor dan jangan lupa temen-temen cabut terlebih dahulu soket kabel kipas yang menempel pada mainboardnya, bersihkan kipas/fan menggunakan kuas yang sudah disediakan. Bersihkan pula pasta yang sudah mengering pada prosessor dan heat sink menggunakan kain lap halus. Setelah selesai membersihkan kipas/fan dan pasta yang sudah mengering pada prosessor, langsung ketahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya ialah memberikan pasta yang baru pada prosessor yang sudah dibersihkan dari pasta yang lama, oles pasta secukupnya  dan merata pada prosessor. Setelah selesai memberikan pasta, pasang kembali kipas/fan prosessornya beserta soket kabel kipasnya dengan benar.

Setelah semua selesai, nyalakan komputernya. Masalah beres komputer tidak mati-mati dan restart sendiri lagi. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk temen-temen pembaca.



Comments
0 Comments

0 comments