Wednesday, February 15, 2017

Cara Jitu Mengatasi Komputer/ Laptop Lemot dan Penyebabnya

Permasalahan komputer atau laptop lambat dalam bekerja memang menjadi salah satu masalah bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan namun tak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer tau laptop sangat lemot. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer dan laptop manjadi lambat. Berikut adalah penyebab dan Cara jitu mengatasi komputer / laptop tidak lemot.

1. FIle temp yang terlalu besar 

Ketika kita mengakses internet menggunakan komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp, ketika folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini memperlamabat kinerja komputer sobat. Cara yang paling mudah adalah dengan membersihka folder tersebut dengan menggunakan software "Ccleaner" Jika di komputer dan laptop tidak tersedia aplikasi "Ccleaner" sobat bisa download di embah google hehe... ketik saja f"ree download Ccleaner" ngetiknya tanpa tanda kutip pada browser sobat.

2. Terlalu banyak program yang terinstal

Terkadang kita kurang memperhatikan point ini, kebanyakan dari kita beranggapan semakin lengkap dan banyaknya aplikasi yang terinstal pada komputer atau laptop akan membuat komputer menjadi lebih baik, padahal sebaliknya semakin banyak aplikasi yang terinstal akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Cara mengatasinya sangatlah mudah, sobat bisa uninstal aplikasi yang tidak terlalu penting pada kontrol panel atau dengan cara mendisablekan aplikasi yang tidak terlalu penting tersebut dengan cara : buka software Cclenar = pilih tab tool = startup disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

3. Spesifikasi komputer rendah lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi

Jika komputer anda bekerja dengan baik tetapi ketika bermain game komputer anda sangat berat dan lambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Sebaiknya sobat harus mengetahui dahulu spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.

4. Spesifikasi komputer sudah terlalu lawas atau jadul

Ini adalah kasus yang paling umum, spesifikasi komputer yang anda gunakan sebaiknya di upgade agar komputer berjalan lancar, paling tidak komputer sudah menggunakan prosessor dual core dan minimal ram 2GB.

5. Kerusakan pada komponen komputer

Komputer sobat bisa melambat kinerjanya jika mengalami kerusakan pada komponen-komponennya, contoh kerusakan pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling rentan dengan kerusakan, terutama kerusakan pada sektor-sektornya atau bad sektor. Solusinya adalah menggantikan hardisknya dengan yang baru.

6. Karena virus

Biasakan mengupdate antivirus sobat, untuk menghindari serangan virus pada komputer atau laptop sobat. Jika komputer terserang virus maka kinerja komputer juga akan melambat.

Kesimpulannya adalah, rawatlah komputer sobat dengan baik, upgrade jika komponen komputernya sudah lawas, jaangan instal sembarang software, dan update antivirus sobat secara berkala.

Demikianlah artikel sederhana ini saya ketik, semoga bisa bermanfaat untuk sobat-sobat pembaca sekalian. Share dan Subcribedari sobat akan sangat membantu dalam memajukan blog ini untuk bisa lebih baik lagi. Terimakasih, wassalam....

Comments
0 Comments

0 comments