Monday, February 13, 2017

Pengertian Motherboard (mainboard) dan jenis-jenisnya

Motherboard atau Mainboard merupakan papan utama yang terdapat komponen-komponen serta chip controler yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard. Pada Mainboard juga terdapat soket untuk prosessor, serta slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen-komponen lainnya seperti, VGA Card, Lan Card, Internal Modem dan lain-lain.

Fungsi Mainboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras (Hardware) Komputer, agar semua perangkat keras komputer tersebut saling berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen-komponen lainnya seperti, Processor, RAM, Hard disk, Optical drive, mouse, keyboard, Monitor serta perangkat-perangkat keras lainnya.

Jenis-jenis Mainboard (motherboard) 

Dilihat dari segi jenis-jenis Mainboard saat ini bermacam-macam, ada yang jenis mainboard AT baby /  AT, ATX, BTX dan ITX. Jenis mainboard yang dipilih merupakan aspek yang paling penting dalam perakitan atau perancangan komputer.

1. AT baby/AT

Yang dimaksuda dengan AT yaitu format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama, lalu digantikan format ATX, format ini membentuk sirkulasi udara yang baik dari sebelumnya dan memudahkan mengakses komponen pada komputer.

2. ATX

ATX merupakan salah satu jenis mainboard yang dapat diubah atau di upgrade ke AT baby. Jenis ini dirancang untuk memasukkan peripheral, contohnya IDE konektor yang terdapat di samping disk. Jenis ATX ini juga beragam, yaitu standar ATX,  Mikro ATX, Flex ATX dan Mini ATX.

3. BTX

Jenis Maiboard ini bermaksud mendukung jenis intel dan dirancang untuk memperbaiki sebuah pengaturan pada komponen sehingga mengoptimalkan sirkulasi udara dan pengendalian panas. Konektor-konektor dalam maiboard ini dipasang secara paralel kedalam udara mengalir. Pasokan Listrik BTX ini sama dengan ATX.

4. ITX

Motherboard ini adalah sebuah format dari teknologi informasi Extended. Motherboard ini didukung dengan format VIA, yang sangat kompak dirancang untuk mengkonfigurasi miniatur seperti mini-PC. Jenis yang sama dengan mainboard ini ialah motherboard mini ITX dan juga nano ITX.



Comments
0 Comments

0 comments