Tuesday, February 14, 2017

Pengertian Hardisk dan Fungsinya

Banyak di kalangan pengguna komputer yang tidak tau apa itu hardisk dan apa saja fungsinya. Penting bagi kita untuk mengetahui kegunaan hardisk terutama pengguna aktiv komputer, supaya tau cara merawat hardisk dan menggunkannya secara benar.  Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara rinci apa itu Hardisk dan apa Fungsinya. 


Pengertian Hardisk

Hardisk adalah, salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan penyimpanan ruang penyimpnan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. Hardisk biasanya berbentuk kotak yang didalamnya terdapat piringan tempat menyimpan data-data. Hardisk menyimpan data secara permanen, walaupun komputer atau laptop dimatikan, data-data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, terkecuali anda menghapusnya dan memformatnya secara manual atau hardisk terkena virus.

Funfsi Hardisk

Fungsi Hardisk adalah, untuk menyimpan data-data secara permanen pada sektor-sektor yang terdapat pada disk yang tersedia di dalamnya untuk di read atau write, lain dengan ram yang fungsinya menyimpan data secara sementara. Maka dari itu peranan hardisk sangat vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.

Sebelum digunakan Hardisk terlebih dahulu di partisi sesuai dengan format sisitem operasi yang di gunakan, contoh dalam windows format partisi pada hardisk biasanya berjenis NTFS. Format pada hardisk sangat penting dilakukan karena agar sistem operasi mengenali dan menggunakan hardisk sesuai dengan sistem operasi tersebut.

Perbedaan Hardisk SATA dan ATA

Perbedaan Hardisk sata dan ata bisa dilihat dari bentuk soket dan kabelnya, kalau sata kabelnya kecil dan biasanya sata sudah terpasang di motherboard dan hardisk masa kini, sedangkan ata kabelnya cenderung lebih besar dan biasanya hardisknya produk jadul dan sudah jarang ditemukan untuk masa kini.

Demikianlah artikel tentang Hardisk dan Fungsinya, semoga artikel yang saya ketik ini bermanfaat untuk anda yang membutuhkan like dan share akan sangat membantu :D






Comments
0 Comments

0 comments